Kamis, 30 Agustus 2018

Satu minggu yang panjang

Hari itu.. Dimana segalanya berjalan seperti biasa.. Seusai solat idul adha, seperti biasa anak2 selalu dekat denganku..
Terlintas untuk mengajak mereka main di weekend kali ini. Sekolah diliburkan dan masuk kembali hari senin.
Dan tiba2 sore hari, Keyzan demam.  Berpikir radang, penyakit langganan kedua anakku. Keyla dan keyzan, mungkin terlalu sering sama yg namanya radang. Apalagi di cuaca tropis seperti ini. Penyakit itu seperti sedang akur dengan kedua anakku..

Memang saat itu giginya sedang tumbuh.. Aq lihat ada beberapa gigi yg akan tumbuh, membuat beberapa bagian gusinya membengkak. Kebayang gimana sakitnya, aq aja yg pernah ngalamin sakit gigi. Suka ga kuat kalo udh kumat😂

Dan seperti biasa.. Aq selalu stok obat demam dan radang. Dua hari berlalu, kondisi keyzan semakin menurun. Bahkan suatu malam, badannya menggigil. Kaki tangannya dingin, tapi badannya panas tinggi. Aq berlari ke kamar bunda.. Setengah sadar. Ga ngerti harus apa dan bagaimana. Sama sekali ga tau bagaimana kondisi anakku saat itu.
Bunda menyuruh aq untuk bawa semua yang bisa menurunkan panas. Yaa.. Keyzan demam tinggi dan hampir kejang.

Kenyataannya.. Ini pengalaman pertama melihat anakku mengalami panas setinggi ini. Dulu keyla.. Aq selalu bisa lewatin. Apalagi ketika dia selalu ngalamin sakit radang. Aq bingung.. Menangispun ga bisa.. Cuma pengen anakku sembuh saat itu jg.

aq terjaga sampai pagi.. Demam keyzan hanya turun sekian persen. Naik turun.. Begitu terus.. Tanpa kusadari.. Berat badan keyzan ikut menurun. Segala cara udh aq lakukan. Dari obat2an tradisional sampe ke semua obat yg jdi stok dirumah. Gak mempan semua.. Aq berpikir untuk membawanya ke dokter.

Hari ke 4 keyzan demam.. Aq lalui dengan obat2an dri dokter langgananku.. Memang ada perubahan.. Demam nya turun.. Tapi tubuhnya lemas.. Bahkan sangat lemas.. Duduk pun dia menangis kesakitan.. Ya allah.. Apalagi yang salah?? Batinku menjerit😥😥

Hari ke 5.. Aq mulai putus asa.. Aq lewati malam dengan menangis.. Semua nya udah aq lakukan.. Tapi kesehatan keyzan semakin menurun.. Sekalinya ada perubahan hanya sesaat.. Namun ngedrop lagi. Dan itu membuat aq mulai mengeluh..

Bunda nguatin aq.. Berharap aq ga putus asa.. Masih berusaha masukin apapun ke dalam tubuh kecilnya.. Karna asupan makanan dia tolak semua.. Sedikitpun ga mau makan.. Hanya air dan air.. Tubuhnya semakin lemah.. 😭😭

Sore hari.. Di hari ke 6.. Aq mandi wajib.. Saat itu aq udh selesai M.. Ya seminggu berlalu aq berhalangan.. Dan sekarang Aq coba untuk solat.. Nyerahin semuanya ke Allah.. Aq sebagai manusia sudah berusaha.. Hampir seminggu anakku sakit.. Obat dokter pun tidak membuahkan hasil.. Aq kembali menangis dalam solatku.. Biasanya gak pernah seperti ini.. Aq ga pernah menyerah dalam pengobatan ketika kedua anakku sakit. Tapi skrg.. Hanya solat yang bisa menenangkan aq..

Bunda ngehampirin aq.. Tetep nguatin aq..  Yaaa bunda bener2 jadi tameng ketika anak2nya sedang di uji "siapin air putih segelas, baca surat Ar-rod 3x dan minumin airnya buat keyzan " katanya.

Aq mengaji sambil menahan nangis.. Inget semua dosa2ku.. Inget ketika aq terlalu jauh dari solat.. Inget semua kesalahan2 yang sudah aq perbuat.. Inget semua keangkuhan aq.. Sedangkan manusia yang angkuh itu selalu jauh dri Tuhan-Nya..

Aq mengaji dengan terbata2.. Sambil sekali2 memegang kaki anakku yang tertidur.. Sesekali terdengar rintihannya.. Betapa menderitanya anakku.. Aq kembali menangis..

Selesai mengaji.. Kubangunkan pelan.. Aq minumkan air yang udah aq ngajiin tadi..

Malam ini berasa beda.. Keyzan tidur pules bgt.. Ga ada rintihan.. Hanya aja tiap 2 jam pasti kubangunkan untuk minum obat racikan yg aq bikin.. Untuk menahan kalo aja demamnya muncul lagi. Tapi tidak.. Malam berlalu.. Keyzan begitu pules tidurnya..

Jam 4 kami terbangun.. Aq keyla keyzan.. Entah ada apa.. Kami bertiga melek semua😂 bercanda.. Nonton tv.. Pdhl masih gelap.. Dan kembali tertidur..

Paginya.. Jagoan ku.. Mulai menunjukkan perubahan ke kondisi yang lebih baik.. Gak rewel.. Mau digendong sama opa nya.. Kebetulan opa dan oma dtg pagi2 kerumah.. Ya allah.. Inikah hasil dari rasa berserahku semalam?? Anakku sehat..

Ternyata ketika semua jalan sudah dilakukan.. Kita hanya butuh untuk kembali.. Kembali mengingat apa yang sudah terlihat jauh.. Aq selalu melalaikan solat.. Bahkan al-quran sudah jarang aq baca.. Dan ketika aq terpuruk.. Merasa segala usahaku tidak membuahkan hasil.. Aq mencoba intropeksi semua yang aq lakukan.. Mencoba ikhlas.. Dengan 1 harapan.. Minta kesempatan untuk merawat kedua anakku sampai mereka besar nanti..

Keyzan kembali seperti semula.. Lincahnya berangsur2 pulih.. Sujud syukur.. Pagi ini keyzan mau sarapan.. Padahal udh seminggu ini dia ga mau makan.. Tapi pagi ini dia makan dengan lahap.. Aq nyuapin sambil terus2an mengucap alhamdulillah.. Menangis.. Terima kasih ya allah. Engkau menjawab semua doa ku malam tadi..

My story
30 agustus 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar