Jumat, 29 Juni 2012

my adventure PART 1

ini diambil dari pengalaman 2 minggu lalu.. dimana gw berhasil dapet julukan SI CEWE NEKAT.. secara gw ngadain acara pendakian yang super dadakan.. yang anggotanya terdiri dari gw sendiri (MAPALA ATMAWANA), Sispala PAKAR, 3 orang pendaki, 1 orang pecinta adventure, dan 2 orang wanita polos yang sama sekali belum pernah ngedaki gunung. So... gw pikir ini bakalan jadi pengalaman yang paling menyenangkan. Cita-cita gw yang dulu hampir punah hanya karna hilangnya sistem perijinan ORANG TUA yang udah punya mandat wat gw biar ngurangin aktivitas naek gunung. Itu ngga bikin gw stak di tempat... iseng-iseng nyari moment yang tepat biar acara gw terlaksana. Nyuri-nyuri waktu... alhasil dalam waktu sehari n bikin gw gag tidur semaleman gara-gara di bikin pusing sama orang-orang yang plin-plan... ngebatalin gitu aja lima jam sebelum pendakian...

Itu ngga bikin semangat gw ilang gitu aja... tetep nyari cara biar pendakian kali ini berjalan... nyari alat.. semuanya serba sulit.. tapi gw jalanin.. tepat jam 6 sore tanggal 15 Juni 2012 kemaren gw start dari kampus dengan para pendaki yang laen.. ngga ada hambatan sama sekali.. semuanya normal dan ngga ada firasat buruk sedikitpun...

Kita bermalam di warung Bang Jajang.. kenalan senior dari ATMAWANA.. dan ini emang jadi basecamp dimana ATMAWANA biasa nginep kalo mwu pendakian.. serasa botak n gag tau apa2 gw... coz semuanya gag ada persiapan... otomatis jadi pilihan terakhir. semua alat safety self nyewa.. itu juga khusus kedua cewe yang gw bawa.. cukup prihatin ngeliat modal mereka wat naek gunung.. just sweater.. and itu sama sekali ngga polar... hufth..

16 Juni 2012... jam 10.00 WIB kita start untuk melakukan pendakian.. pendaftaran yang versi NEMBAK berjalan lancar.. meski koceknya harus dilebihin sedikit.. tapi demi kepuasan hati.. it's OK.. itu bukan sebuah masalah..

perjalanan menuju shelter KANDANG BADAK yang memakan waktu 8 jam gag terlalu melelahkan.. nikmatin apa yang ada di depan mata.. wisata alam yang penuh rintangan... smuanya bikin semangat wat selalu ngelangkah maju... apalagi harus ngimbangin beberapa pendaki yang belum gw kenal.. mereka sampe ngacungin jempol ngeliat semangat gw yang menggebu-gebu...
Udara semakin dingin.. iseng-iseng liat termometer suhu udah mencapai lima derajat... saatnya memakai jaket kebanggaan..
Tiba di kandang badak tenda udah berdiri sama beberapa orang yang dari rombongan kita yang tiba lebih dulu.. kopi hangat pun tinggal dinikmatin... waktunya untuk ngerebahin badan di tenda.. hemmpphhh... ada niat untuk track malem menuju alun-alun surya kencana.. namun ngurungin niat karna melihat kondisi kedua temen cewe gw yang melemah..

17 Juni 2012.. seusai sarapan.. jam 07.30 pagi kita melanjutkan perjalanan.. pisah rombongan antara jalur kanan dan kiri.. saling neriakin biar ngga terlalu jauh berpisah.. dan gw bertemu salah satu anggota rombongan di pas pertigaan di dekat tanjakan setan... reflek gw menjerit histeris ngeliat tanjakan itu.. SUMPAHHH KERENN BANGETTT INI TANJAKAN... terjal.. bertebing.. cuma bermodalkan tali... tanpa pikir panjang gw lewatin rintangan yang satu itu.. sampe atas sempet ngerebahin badan sebentar lalu melanjutkan perjalanan... ketemu beberapa pendaki yang akan turun.. kenalan.. nyebutin nama dan asal... gag cuma sekali dua kali.. dari awal pendakian udah puluhan pendaki yang sempet berjabat tangan.. sampe ada beberapa pendaki yang hapal ama gw... ketemu lagi pas pendakian ke puncak gede.. hihihihi...

Dzikir dan tasbih memuji asma Allah ngga berhenti.. sungguh indah ciptaan-Mu Ya Allah.. semakin jauh kita berjalan.. pemandangan yang belum pernah gw liat akhirnya gw liat.. sungguh sempurna dan gw bersyukur masih dikasih kesempatan untuk bisa menikmati alam yang seindah ini...
ambil dokumentasi di geger gede dan pas tower puncak.. sempet kaget karna ngedapetin sinyal HP.. banyak sms dari keluarga dn temen-temen yang nanya keberadaan gw.. hehehe.. emang gw ngga ijin ke Bunda.. tapi dari sang suami.. udah dapet surat ijin mendaki..

setengah jam berlalu.. seusai foto-foto kita melanjutkan perjalanan.. lupa akan kedua abang-abang kita yang udah mendahului jauh dan ada yang masih ada di belakang rombongan.. saking ngga fokusnya sama medan puncak gede.. kita berupaya untuk nanya sama beberapa orang-orang yang lagi foto-foto di batu merah... "Permisi Kak.. arah alun-alun kemana ya?"  "Ooohhh.. itu ikutin pinggiran tebing aja... nanti ada turunan ke bawah ambil kanan.. sekitar sejam nyampe di alun-alun"  Kita bergegas menuju arah yang ditunjukkan... sejam berjalan.. menyusuri pinggiran tebing puncak gede, menerobos taneman sampe akhirnya tersadar akan adanya keganjilan dalam perjalanan kita. Kita berlima lelah... ngga ada air sedikitpun namun tetap berusaha melanjutkan perjalanan.. kedua temen cewe gw bener-bener bermuka pucat.. dan kedua temen cowo gw berusaha menutupi kelelahan mereka.. dan gw sendiri tetap menjaga agar ngga kalut...

gw mutusin untuk berjalan turun ke arah kanan.. karna medan semakin sempit... dan awan udah sebagian naik ke permukaan tebing.. sejam kini berjalan turun.. tapi sama sekali ngga nemuin ujung dari turunan itu.. sadar-sadar saat salah satu dari kita memutuskan untuk melihat jalur dengan menaiki pohon yang paling tinggi.. tersadar kalo kita nyasar membuat gw hampir putus asa.. mendadak kondisi Meri (salah satu pemula pendakian) dia pingsan.. beban pikiran akan UAS di kampus dan rasa takut yang bertubi-tubi karna kita nyasar membuatnya roboh.. berusaha untuk menggotongnya untuk kembali ke atas tebing.. butuh waktu dua jam untuk bisa sampe ke atas tebing dan saat itu pukul stengah empat sore.. kekhawatiran akan ketiga abang-abang gw yang pisah rombongan.. gw menangis.. pasti mereka pun khawatir..

Kembali ke tempat awal menjadi keputusan yang paling bijaksana.. kita bergegas kembali ke puncak gede dan mencari pertolongan.. persediaan air minum dari sisa-sisa pendaki yang meninggalkan botol minuman di puncak gede membuat tenaga kita sedikit pulih.. matahari menyengat dan tepat jam setengah lima kita kembali ke batu merah.. ngga ada satu orang pun.. namun gw sempet meneriaki permintaan TOLONG!!!! memang ada yang menjawab namun terasa jauh dari pendengaran.. gw masih menangis.. khawatir akan semuanya.. sesaat Erwin (sispala PAKAR) melihat plang yang menunjukkan alun-alun surya kencana... kita mencoba mengikuti arah penunjuk itu.. Ugo (salah satu penikmat alam) berusaha untuk mendahului kami untuk mendapatkan pertolongan.. dia berlari dengan sisa-sisa tenaganya.. gw tau dia pun lemah namun berusaha nguatin gw agar gw mampu bertahan.. semuanya serba tekanan... gw lelah..

Sejam berjalan menuju alun-alun... terlihat indahnya padang bunga edeilweis terbentang di pandangan yang mendadak cerah... Subhanallah.. serasa semuanya hidup kembali.. angin berhembus kencang memaksa gw untuk merebahkan badan di sekeliling bunga edeilweis.. melepas lelah namun tersadar akan cuaca yang semakin dingin dan gelap.. Ugo menyadarkan lamunan gw untuk segera mencari pertolongan.. ada segerombol para pecinta alam yang camp di alun-alun.. gw berusaha untuk mendapatkan pertolongan..

Menceritakan kronologi dari awal sampe mengapa kita ada disini.. dan salah satu dari mereka menyebutkan tadi jam dua siang ada tiga orang laki-laki yang menyatakan bahwa kehilangan lima orang dari rombongan mereka.. dan sesuai dengan fisik yang gw ceritain dan itu semua cocok... mendadak tangisan gw lepas..

Kita memutuskan untuk kembali camp melihat medan yang sama sekali ngga kita ketahui apabila kita harus turun malam itu.. malam yang panjang, dengan kejadian-kejadian yang diluar rencana.. Meri dan Riska roboh.. mereka kembali dihantui rasa takut akan keadaan ini.. kita dirawat sama rombongan-rombongan itu.. mereka sangat baik..

tepat tanggal 18 juni 2012... seusai berhasil mengirim SMS ke abang-abang dan bang Jajang.. kita pamit pulang sama orang-orang yang berjasa semalaman ini.. heiii kawand.. Erwin dua kali turun naik jalur puncak gede untuk mendapatkan sinyal HP.. sekedar untuk ngabarin orang-orang yang ada di bawah.. sekedar memberi kabar soal keadaan fisik dan logistik kita... ngasih sinyal darimana kita turun agar para relawan yang ada di Cibodas dan GPO tenang dan menanti turunnya kita.. sepanjang perjalanan kita bertemu para pendaki yang menyampaikan pesan bahwa abang-abang kita masih ada di pos dan berharap kita baik-baik aja.. dan itu membuat semangat gw menggebu-gebu..

tepat adzan zuhur kawand... kita melihat belasan orang yang berdiri di sebuah pos pendakian dan semuanya melihat  ke arah kita.. berteriak.. PUTRI yach? dan gw berteriak IYA SAYA PUTRI... terlihat jeritan-jeritan mereka yang menyebut takbir Allahu Akbar.. Subhanallah dan Alhamdulillah.. kita semua selamat.. dan gw terkapar tepat di depan pos GPO.. salah satu dari relawan itu bertanya akan kronologi kenapa kita bisa sampe tersesat... mereka mengacungkan jempol karna mereka pikir gw adalah ketua rombongan.. "Seumur hidup saya, selama saya bekerja disini. Yang namanya ketua rombongan meski sekecil apapun rombongan itu pasti adalah seorang laki-laki, tapi ini ada lima laki-laki tetapi si ketua rombongan itu adalah wanita. kamu berhasil nak... berhasil menaklukan rintangan alam".. sesaat air mata gw mengalir.. sujud syukur akan pengalaman yang sama sekali ngga bisa dibeli ini.. gw bangga banget... smpet teringat akan pesan salah satu senior dari ATMAWANA.. di alam.. jangan pernah gengsi untuk meminta tolong.. siapapun kita.. darimanapun kita.. kalo di alam.. kita adalah keluarga.. ngga ada batas untuk saling mendekat.. dan selalu kuasai rasa panik apabila kita menemui kesulitan dalam perjalanan.. seorang pecinta alam bukan untuk menaklukan gunung atau alam bebas... namun untuk menaklukan diri kita sendiri.. dan gw berhasil untuk menaklukan diri gw sendiri meski keadaan mencekam sekalipun.. itu yang membuat gw bertahan sampe sekarang..