Rabu, 23 Mei 2012

Kala Cinta Takkan Berpaling


Aku Putri…Siswi SMK Penerbangan Angkasa Bogor. Aku adalah wanita yang paling tegar di dunia. Meski banyak orang yang menyakitiku, tapi aq gag pernah ada niat untuk membalesnya.
Semua ini berawal dari kedekatan ku terhadap seseorang. Kita sama-sama anggota OSIS, kelas kita bersebelahan, hanya reputasi yang membedakan kita.

Awalnya hanya dekat sebagai teman curhat, entah kenapa teman-temannya begitu semangat untuk membuat kita semakin dekat.
Dan akhirnya kehidupanku di sekolah berubah 180°. Yang semula aku ngga dianggap sama siswa dari jurusan lain, kini mereka semua terasa menghormatiku. Kini ku banyak teman…setiap pagi banyak yang menyapaku. Meski sedikit jengkel kalo mereka mangungkit-ungkit tentang kedekatanku sama dia. Tapi yang paling penting aku udah menjadi siswi yang normal di sekolah ini. Ngga pendiem dan selalu aktif di berbagai kegiatan.
Walaupun aku OSIS, tapi aku selalu memisahkan diri dari mereka karna bagiku mereka berbeda dengan aku. Yang mereka bicarakan tuh hanya hal yang ngga penting.
Apalagi cewe-cewenya…yang selalu dibicarakan hanyalah cowo-cowo tajir yang ada di sekolah ini.
Apalagi sekarang tahun ajaran baru…aku udah jadi senior…mereka tetep aja ngomonginnya ngga jauh dari cowo. Tapi topic mereka sekarang tentang junior-junior ganteng yang baru masuk di sekolah ini.
Makanya angkatan aku ngga pernah kebagian untuk ngurusin kegiatan Masa Orientasi Siswa. Soalnya ya gini…ngga ada komitmen dari masing-masing anggota. Selalu aja berbuat sesuatu yang serba dadakan. Ya alhasil…Pembina OSIS mengalihkan tugas kami ke anggota LDK yang juga junior kami.
Rasanya reputasiku di injek-injek ma junior sendiri, seharusnya yang serba sibuk tuh siswa kelas 3.
Tapi sedikitpun kami ngga merasakan bagaimana serunya ngurusin kegiatan MOS. Tapi semenjak aku deket ma anggota OSIS lain, aku berusaha memperbaiki reputasi OSIS ini. Meski terlambat, kan ada kegiatan LDK yang belum dilaksanakan disekolah.
Akhirnya sebagai ketua seksi kreativitas seni dan budaya aku berinisiatif untuk bekerja sama dengan wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasana untuk melengkapi sarana yang ada di sekolah.
" Pak, saya boleh gak ngasih saran untuk fasilitas di sekolah kita? Soalnya kalo lewat kotak saran kelamaan pak..harus nunggu seminggu lagi baru dibahas di apel." Jelas ku pada Pak wakil kepala sekolah
" Oh…boleh lah…saya malah senang sekali kalo ada saran-saran yang membangun demi kemajuan sekolah kita. Memang apa Put yang mau kamu sampaikan?" Tanya Pak Wakasek
" gini loh Pak, saya ada rencana untuk membuat fasilitas Majalah dinding, saya yakin dengan adanya mading siswa-siswi dapat menumpahkan kreativitas dan bakat masing-masing di sini." Ujar ku penuh semangat
" bagus….saya setuju. Terus apa yang harus saya persiapkan?" Tanya Pak Wakasek lagi
"  semuanya udah saya persiapkan pak..dari petugas yang akan membersihkan kaca mading sampe petugas yang akan membuat kreativitas awal. Saya hanya butuh kunci madding pak. Karna saya perhatikan…anak-anak disini tangannya pada usil. "
" Baik…besok kuncinya akan saya kasih ke kamu. Sebelumnya terima kasih untuk saran kamu. Saya bangga terhadap siswa siswi yang berusaha untuk memajukan sekolah ini. "
" sama sama Pak…justru saya yang harus berterima kasih  karna Bapak telah mendukung rencana saya."

Dengan penuh rasa kepuasan aku melangkahkan kakiku menuju kelas, benar-benar hari yang menyenangkan untuk pertama kalinya. Karna semua rencanaku benar-benar berjalan dengan lancar.
Beberapa hari ke depan udah terlihat keaktifan siswa siswi yang mempunyai bakat terpendam untuk mengisi madding yang diganti setiap 2 hari sekali. Capek sie…tapi gila….aku seneng banged. Ternyata madding mengubah sekolah ini lebih berwarna.
Rencanaku ngga sampe sini ajja. Aku juga melakukan audisi band untuk mengisi acara musik saat perpisahan angkatan aku nanti. Ini juga ngga lepas dari dukungan Sang Wakasek  yang selalu mendukung semua kegiatan ku.
Ngga terasa hari-hari terlewati dengan kesibukanku sendiri, sampe aku lupa dengan masalah cowo OSIS yang selalu memperhatikan semua kegiatanku. Emang sie…beberapa hari ini aku selalu cuek. Meski kecuekanku hanya bermaksud agar dia ngga menilaiku cewe gampangan. Ya tau sendiri….cwe-cewe disekolahku terkenal dengan cewe gampangan.  Makanya aku berusaha menghindar dari anggapan itu.
###
Hari ini adalah Ujian praktek untuk UAS,  dan di hari pertama ini aku kebagian pelajaran agama islam. Aku harus mengahapalkan beberapa doa-doa yang nggak asing di telingaku. Jadi aku mudah untuk ngapalinnya.
Sesaat setelah usai praktek agama…aku duduk di teras mesjid. Ngga nyangka kalo ada seseorang yang tengah memperhatikanku di deket koperasi. Aku merasa risih dengan pandangannya itu. Akhirnya aku pun berusaha untuk membuang muka, bukan seperti yang ku harapkan ternyata dia menghampiriku.
Aku bergegas pergi tapi tangannya menangkap tas selempang yang ku pakai.
" mau kemana sie put?? Merasa keganggu dengan kehadiran gue..?" Tanya cowo aneh itu
" akh ngga juga…mank ngerasa ya ngeganggu gw? Gue Cuma mau ke kelas kok!" tegas  ku
" kan di kelas loe gag ada siapa-siapa put…loe mau ngapain disana??" Tanya nya lagi
" apa sie urusan loe…gue mau ngapain juga terserah gue donk. Loe kan bukan siapa-siapa gue tau." Balasku setengah kesal
" kalo seandainya gue jadi siapa-siapa loe, berarti gue boleh donk perhatiin loe?"
" maksud loe apa sie??jangan ngaco deh…" tiba-tiba jantungku berdetak kencang, mukaku juga jadi pucat. Berusaha untuk ngga GR tapi ya…gimana? Aku ngga bisa nutup-nutupin rasa penasaranku.
" ya loe pikir sendiri deh…maksud gue apa? " katanya sambil pergi ninggalin aku.
Ketika aku mau menanyakannya lagi, dia udah berlalu dari sampingku. Aku jadi semakin kesal plus penasaran ma kata-katanya tadi. Dia emank seneng bikin aku penasaran, aku tau dia ngga ada maksud lain kecuali pengen bikin aku GR aja.

Esoknya aku kembali menjalani kegiatanku di sekolah seperti biasa. Semaleman ngga bisa tidur karna belajar TDM dan mikirin si cowo aneh itu. Huh…bikin orang ngga bisa konsentrasi aja, pikirku.
Sambil membaca buku aku berjalan ke kelas kebanggaanku…kelas yang mengantarku kepada keberhasilan. Yang entah kapan keberhasilan itu akan datang….aku ngga terlalu mikirin soal itu karna bagiku yang terpenting saat ini adalah mentalku untuk menghadapi tiap detik yang akan datang menyiksaku.
Sesampainya di kelas…entah kenapa semua anak-anak menatapku. Ada yang menatapku dengan tatapan mengejek…ada juga yang menunggu reaksiku. Tapi jujur…saat itu aku ngga mengerti. Aku berusaha memperluas pikiranku…kupikir ada yang salah dengan penampilanku hari ini. Tapi menurutku penampilanku seperti biasanya. Pake rok span setengah panjang, baju agak longgar, rambut di kuncir ekor kuda, pake tas selempang dan pake kaos kaki 20 cm di atas mata kaki. Atau ada yang salah dengan mukaku? Ngga juga…aku seperti biasa ngga pake bedak yang terlalu tebel. Karna kulitku yang udah putih dari sananya, jadi aku make up nya super tipis. Terus apa ya???
Kualihkan pandanganku ke arah papan tulis, what!!!! Ternyata ada seseorang yang menulis pesan untukku isinya :
" TEMUI AKU DI DEKET BENGKEL AIRFRAME "
Spontan anak-anak sekelas pada nyorakin aku….
"cie-cie put…penggemar loe udah nungguin tuh!"ujar Dimas yang lagi asik baca buku TDM
"udah temuain dulu sana….pasti dia sedang menanti seorang kekasih yang udah di tunggu-tunggunya."ujar budi yang super rese
"iya…put…masa loe tega sie ma "yayang", dia udah cape-cape loh nulis pesen itu buat loe." Sahut Andri
Aaaarrrrgggghhh……..menyebalkan, siapa sie yang usil plus kerajinan nulis tuh pesen di papan tulis. Secepat kilat aku ngapus tulisan sialan itu….aku juga langsung lari keluar kelas untuk nemuin cowo yang udah bikin aku kesel di pagi yang super cerah ini.

Dikejauhan aku melihat seseorang yang sedang berdiri didepan bengkel…sambil ngeliat anak-anak yang asik maen basket dilapangan. Terlintas di benakku perkataan anehnya yang kemarin…tapi segera aku berpaling ke cowo rese itu.
" eh cumi…loe ya yang nulis di papan tulis kelas guw…pesen loe yang ngga penting itu?" Tanya aku 100% kesel
" iya" jawabnya singkat, tapi pandangannya tetep ke anak-anak yang pada maen basket. Itu yang bikin amarahku kian memuncak… diajak ngomong malah sikapnya kayak gitu.
" terus mau loe apa? Kan guw udah dateng nemuin loe sesuai ma pesen loe yang ngga penting itu!"
Tapi dia malah diem aja….tatapan masih aja kearah anak-anak yang lagi maen basket. 10 menit guw nunggu dengan perasaan yang campur aduk…udah BT, kesel, marah, bingung pokoknya udah kayak gado-gado busuk deh. Akhirnya dia buka suara juga…
" guw cuma mau loe kesini aja…" katanya cuek
" trus?" tanyaku bingung
" ya udah….itu doank!"
 "what???itu doank!!!jadi loe sengaja nulis pesen di papan tulis kelas gue, Cuma mau ngeliat gue dateng ke sini terus jadi cewe bego yang mau aja di boongin ma cowo rese kayak loe gitu????"
"iya" jawabnya singkat
Aku langsung beranjak untuk ninggalin cowo sialan itu…tapi tiba-tiba tangannya meraih tanganku. Dan itu membuatku keluar keringat dingin…ketakutan,lebih ketakutan daripada dapat hukuman muterin lapangan bondol 5x. bener-bener ngga bisa nahan rasa kaget….mukaku kembali jadi pucet dan merah.
"maav…udah buat kamu marah…" katanya lembut sambil tetap menggenggam tanganku. Bodohnya aku ini…bukannya melepas genggamannya tapi malah bengong kayak cewe idiot.
Pikiranku melayang-layang ngga tau kemana…jantungku seakan mau meledak karna detaknya terlalu kencang, hatiku seakan mau lari ninggalin jasadku. Tiba-tiba bruuuukkkk! Aku roboh ngga sadarkan diri
###

Kejadian kemarin membuatku setengah gila…entah kenapa sikapnya jadi berubah 360° dengan tiba-tiba. Aku sendiri belum yakin dengan apa yang aku alami kemarin, bagiku itu Cuma bunga mimpi karna saat ini aja aku berada di dalam kamar kesayanganku. Hufh…benar-benar mimpi yang menyebalkan, pikirku.
Aku kembali menyiapkan mentalku untuk menghadapi sesuatu yang mungkin terjadi disekolahku hari ini. Entah kejutan apa lagi yang bakal terjadi nanti. Yang jelas aku udah lelah…dengan kejadian yang telah terjadi beberapa hari ini.
Aku bergegas masuk kedalam kelas, karna tubuhku belum stabil untuk berlama-lama berdiri dengan pikiran aneh yang terus memutari otak ku. Anak-anak di kelas dan beberapa  anak perempuan dari kelas lain mencoba mendekatiku.
" pagi put…gimana keadaan loe?" Tanya ismie
"baik kok…tumben pada ngumpul disini…" balas ku setengah serak
" iya…kita mau tau gimana keadaan loe. Kemarin kita denger loe pingsan di depan bengkel. Makanya dari pagi tadi kita nunggu loe disini." Sahut ayu
"what!!!guw…pingsan?" tanyaku ngga percaya
"iya..put. loe pingsan…terus loe di anter ma anak-anak OSIS kerumah loe. Soalnya loe ngga siuman-siuman pas di bawa ke ruang OSIS. Takut kenapa-kenapa jadinya kita sepakat buat nganterin loe pulang dengan keadaan masih pingsan. Gue, ayu, yuni ma ita juga ikut kok. " jelas mia
" oh…." Jawabku singkat…pikiranku kembali teringat ke kejadian kemarin. Dimana ada pesen dari seseorang yang memintaku untuk menemuinya di depan bengkel. Rasa penasaranku yang membawa aku untuk menemuinya, dan kembali terngiang juga semua sikap cuek dan menyebalkan yang di tunjukkan ke hadapanku saat itu. Yang tiba-tiba berubah menjadi sikap lembut yang bener-bener mengangetkan jiwa dan ragaku. Cuma itu yang kuingat…karna tau-tau aku udah berada di dalam kamar kesayanganku.
" put, put….loe kenapa?" seseorang menyadarkanku dari lamunan yang hampir membuatku roboh lagi.
" ah ngga….oh ya guw laper…mau pada ke kantin ngga?" jawabku berusaha untuk menghindar dari pikiran anak-anak yang sedari tadi terlihat ingin mengejekku atas kejadian kemarin. Aku pun menarik tas selempang ku dari meja, langsung bergegas ke kantin sekolah.
Hari ini adalah hari kesekian yang bener-bener menyebalkan didalam hidupku, ingin menghindar tapi ngga satupun masalah-masalah itu pergi ninggalin aku. Malahan makin banyak masalah-masalah yang dateng menghampiri hidupku yang udah tersiksa.

Pelajaran hari ini ngga ada yang nyangkut  didalam otak ku…untung hari ini guru-gurunya pada maklum ma keadaanku hari itu. Buktinya di jam kedua dan ketiga aku di suruh istirahat di ruang OSIS. Meski jenuh tapi bagiku ini yang terbaik dari pada aku tertidur dengan lamunanku sendiri.
Hufh….jujur aku lelah banged…sangat lelah. Ingin mengakhirinya tapi ngga mungkin. Masih banyak yang harus aku lakukan nanti
Tanpa kusadari…ternyata ada seseorang yang masuk ke ruang OSIS tanpa permisi. Aku pikir maling…aku berupaya mencari sesuatu untuk memukul orang yang ngga tau sopan santun itu.
Aku ikuti dia…ternyata dia masuk ke ruang peristirahatan. Aku bertindak cepat…sebelum dia melakukan niat jahatnya. Aku pun memukul kakinya dengan tongkat base ball yang tadi aku ambil.
" aaaaaaaaaaa….." jeritnya
Spontan aku setengah kaget pas aku ngeliat muka orang yang baru aja aku pukul kakinya itu. Ternyata si cowo aneh itu. Ngapain dia masuk-masuk ke ruang OSIS pas jam pelajaran gini. Kan dilarang tuh…dan itu bakal bikin dia kena sanksi dari guru BP.
" ngapain loe disini???!" tanyaku dengan nada tinggi. Terlihat dia masih megangin kakinya yang kesakitan.
" gue mau ngambil  minum…"katanya pelan karna nahan sakit.
"ngambil minum? Kan galonnya ada di luar. Kenapa loe masuk-masuk sini? Atau loe mau  macem-macem ya ma guw? " tanyaku penuh curiga.
" kan gelasnya ada disini, diluar ngga ada gelas. Jadi guw ambil yang didalem." Jawabnya dengan sabar plus kesal dengan ucapanku tadi.
"terus ngapain loe minum di saat orang-orang lagi pada belajar, apalagi loe sekarang pelajaran agama kan?mank loe ngga praktek??lagian kan sekarang belum jamnya istirahat tau." Ujarku tetap ngga mau kalah.
"malah gue disuruh guru agama buat ngambilin minum, makanya guw kesini." Jawabnya ngga mau kalah. Masih terlihat raut wajahnya yang lagi nahan sakit.
" buat siapa coba…guru kan bisa ngambil di kantor. Soalnya disana juga kan udah tersedia gallon. Alaaaah…bilang aja loe mau ngintipin gue!"
"emang bukan buat guru agama kok…tadi emank gue disuruh ngambil minum ma dia. Tapi bukan berarti  buat dia kan???"
"trus???" jawabku ketus. Tapi dia malah berlalu ke luar untuk ngambil minuman. Bener-bener ngga sopan, pikirku.
" ini buat loe….soalnya tadi dia liat muka loe pucet pas masuk ke ruang OSIS. Dan kebetulan saat itu pas pelajaran gue, gue sebagai ketua kelas di suruh nyiapin minum buat loe. Gue ngga bisa nolak…ya udah gue kesini buat ngejalanin amanah guru agama."ujarnya sambil memberikan segelas air minum buatku
Sekejap mukaku jadi merah padam menahan malu plus kaget dengan penjelasannya barusan. Sumpah baru kali itu aku ngerasa bersalah ma cowo.  Secara aku ngga pernah serius setiap perasaan aneh menyelimuti hari-hariku selama ini. Orang yang aku suka di rebut ma temen sekelasku, aku gag merasa sedih ataupun marah. Melihat temen-temenku pada pulang bareng ma pasangannya masing-masing aku juga ngga iri. Pokonya aku termasuk cewe paling cuek di sekolah ini, setelah Yuni yang sama sekali belum pernah pacaran.
Aku pun merasakan hal yang aneh saat ini, perasaan bersalah yang tiba-tiba mengerubungi jiwaku tiba-tiba berkecamuk menjadi sikapku yang super aneh. Entah setan apa yang merasuki jiwaku saat itu, tanpa kusadari tiba-tiba aku meraih tangan cowo aneh itu.
"maavin gue…gue terlalu emosi, soalnya pikiran gue belum sepenuhnya normal. Mungkin ini karna kejadian-kejadian aneh yang beberapa hari ini terjadi. Loe mau kan maavin sikap bego gue ini?" Tanya ku penuh harap. Terlihat rona wajahnya melambangkan sikap dingin…tapi berubah jadi sikap lembut yang kemaren dia lakukan di depan bengkel. Dia menggenggam tanganku lembut….lama aku berdiri, berusaha menopang tubuhku yang hampir roboh. Dengan sabar aku menunggu apa yang akan dia sampaikan…..
"aku sayang kamu….kamu mau jadi pacarku??" tanyanya dengan lembut. Lebih lembut dari perkataannya yang kemarin.
Sungguh kali ini aku bener-bener ngga yakin dengan apa yang aku dengar barusan. Kepalaku jadi pusing…aku hampir ngga bisa menahan berat tubuhku yang semakin lemah. Dia pun mencoba untuk menahan tubuhku yang hampir roboh.
"maav ngga ada maksud bikin kamu kaget, put!" bisiknya pelan
"ngga apa-apa…aku yakin tadi juga kamu Cuma bercanda kan?"tanyaku lirih
"tadi aku serius…put. Terserah anggapanmu apa? Tapi yang jelas aku udah jujur ma kamu. Kamu tau…perasaanku tersiksa karna belum bisa ngomong tentang hal ini ma kamu. Setiap hari aku memikirkan cara untuk mengatakan hal ini, begitu juga yang di depan bengkel kemaren. Sebenarnya disitulah aku mau ngomong, tapi aku takut kamu marah. Ngga disangka niat aku aja udah bikin kamu pingsan….aku kehilangan akal. Akhirnya aku dan anak-anak laen nganter kamu pulang. Dan hari ini…aku yakin inilah saat yang tepat. Meski harus ngorbanin kakiku….emank kaki ku sakit banget karna pukulan dari kamu tadi. Tapi rasa sakit itu tiba-tiba ilang gitu aja karna aku teringat akan niatku.  Dan sekarang perasaanku lega banget karna udah bisa ngomong langsung ma kamu. Aku ngga ngarepin jawaban kamu sekarang put, tapi satu hal yang harus kamu tau. Semakin lama kamu ngulur-ngulur waktu untuk ngejawabnya. Selama itu juga batinku tersiksa…." Jelasnya
Dia pun melepaskan genggaman tangannya yang dari tadi belum lepas dari tanganku, perasaanku saat itu bener ngga tau arah. (Dan ngga bisa aku gambarkan di cerpen yang kubuat ini)
Dia berjalan kearah pintu…aku pun mencoba mengejarnya meski berat dan ngga tau apa yang membuat aku melakukan ini.
Tiba-tiba aku memeluknya…memeluknya erat…dan berharap ngga akan kehilangan orang yang udah membuatku setengah gila ini. Orang yang udah membuat aku menderita karna kemisteriusannya. Orang yang ngga pernah luput dari pikiranku setiap malam. Orang yang telah membuat aku seperti cewe bego dikelas karna ngga ada satupun pelajaran yang nyangkut di otakku. Itu semua karna dia…karna orang yang aneh ini. Dan aku berhak minta pertanggung jawabannya meski aku tau dia lebih menderita karna kelakuanku. Sikapku yang kayak anak kecil…wajar aja, ini karna aku selalu kehilangan orang-orang yang aku sayangin.  Dan kali ini aku ngga akan melewati kesempatan ini sedikitpun. Membuka hatiku yang kian tertutup karna ulah laki-laki brengsek yang selalu menyakiti hatiku. Dan membuka rasa kepercayaanku yang udah lama hilang. Meski temen-temen aku hampir semua cowo, tapi ngga ada selintas pikiranpun untuk menyukai mereka. Karna akau tau rata-rata cowo hanya berhati setan, tapi sekarang….kulihat ketulusan yang ada di matanya. Ngga pernah rasa ini berkecamuk di dalam dadaku.
Rasa sayang yang teramat sangat…karna kesabarannya, kemisteriusannya, sikap konyolnya saat membuatku setengah jengkel. Pokoknya semuanya…..itu yang aku suka dari cowo yang satu ini.
Hari itu adalah hari jadiannya kita….17  Desember 2007 dimana kurang dari sebulan ini adalah ultahku yang ke 17. "sweet seventeen"…aku seneng banget dan nunggu-nunggu hari itu hadir menemaniku. Dengan teman-teman yang semakin hari semakin perhatian ma aku…tadinya orang-orang yang deket ma aku Cuma junior-junior aja. Tapi sekarang…namaku udah terkenal di seluruh penjuru pelosok SMK Penerbangan Angkasa Bogor. Itu juga karna cowo ku yang terkenal setia kawan di mata orang laen.
Aku bangga banged…karna sifat kita sama…sama-sama punya rasa kesetia kawanan yang tinggi.
Banyak yang ngehormatin,aku juga ngerasa terlindungi setiap kali aku ada masalah ma sapa aja yang usil ma aku. Udah jarang keusilan anak-anak di kelas kesayanganku. 3 listrik 1….hufh bener-bener menyenangkan.
Ngga terasa hubunganku hampir 5 bulan….pemecah rekor masa pacaran terlama. Biasanya Cuma 2 bulan atau 3 bulan. Bahkan pernah ngejalin hubungan Cuma sehari. Ya ampun….bayangin aja saking cueknya dan rasa ke ngga percayaan aku ma cowo manapun. Membuatku punya pikiran kalo semua cowo sama aja, bisanya Cuma nyakitin perasaan cewe doank. Dan itu ngebuat aku trauma dalam batinku sendiri. Tapi dia yang nyadarin aku akan semuanya. Akan semua yang selalu ada di benakku….aku punya hutang budi yang begitu mendalam sama dia. Entah apa yang akan aku lakukan untuk ngebalesnya nanti. Bagiku ngga mungkin bisa ngebalesnya, soalnya aku dan teman-temanku udah melewati UAN dan ternyata kami lulus semua. Jadi ngga mungkin aku bisa ngebales semua kebaikannya terhadapku.
Perpisahan sebentar lagi…tinggal ngehitung hari. Aku dan sekolah ini akan berpisah.  Kenangan-kenangan yang aku lewatin…semua kebiasaanku yang selalu aku lakukan. Ke kantin, ngurusin madding, nongkrong di koperasi, usil ma junior-junior yang lewat di depanku, aktif di bidang English club, ninggalin junior-junior yang sayang ma aku. Pokonya banyak banged deh….(ngga bisa aku sebutin semua,soalnya bakal ngga kelar-kelar nie cerita kalo gitu mah).
Aku kebagian jadi sekertaris dalam acara kali ini, kalo tahun kemaren aku kebagian jadi sutradara kabaret. Ini juga dadakan…tadinya mau bikin acara paduan suara. Tapi sang Pembina OSIS protes soalnya mau acara ini terlihat lebih berkesan. Akhirnya rencanaku beralih ke drama….semaleman bingung ma konsep dan naskah yang aku bikin. Berhubung acara udah 3 hari lagi..akhirnya aku bawa naskah drama yang belum sempurna. Aku berpikir mungkin dengan adanya anggota lain bisa bikin ide-ide cemerlangku yang terkubur  bisa muncul lagi.
Ternyata bener…yang tadinya rencanaku mau bikin drama tentang pengamen jalanan yang keren, terus rencana buat bikin drama tentang apel pagi yang harus nyindir-nyindir pak wakasek kesayanganku. Akhirnya berubah jadi drama musical tentang guru perempuan yang super centil sama murid cowo,  meski umurnya udah hamir 40 tahun tapi dia belum nikah juga.  Ini sih nyindir juga ke guru PKNS di kelasku. 100% sama persis….hehehehehe
Maklum deh…aku benci banget ma tuh guru, abisnya dia ngga adil banget ma siswi cewe. Giliran cowo yang salah sih dibela-belain mati-matian. Tapi kalo cewe….duh dipojokin banged deh. Makanya cewe-cewe di sekolahku pada ngebatin semua. Alhasil pas aku bikin naskah yang nyindir-nyindir tuh guru, yang satu group panitia ma aku langsung pada setuju semua.
Akhirnya latihan pun dimulai….acara tinggal 2 hari lagi. Aku sibuk bikin property yang susahnya minta ampun….meski dibantuin tapi kan yang tau konsep Cuma aku aja. Jadi mereka Cuma ngikutin apa yang akau suruh aja. Dihari itu juga aku bikin dokumentasi suara di ruangan computer yang sebenernya itu tuh warnet sekolah. Cuma karna ada kasus jadinya tuh warnet di tutup deh. (Hikz…padahal kalo dibuka bakalan jadi rutinitas aku setiap hari tuh.)
Akhirnya acara puncak tiba…aku menyibukkan diri untuk nyiapin cabaret musical yang aku bikin. Semua pemeran dan propertinya udah siap. Soalnya cabaret bakal tampil untuk ngebuka acara. Bener-bener deg-degan…takut ngga berhasil. Aku merasa ada yang kurang…akhirnya aku membujuk salah satu guru komputer yang ikut andil dalam dokumentasi cabaret ini untuk jadi pemeran awal. Untungnya beliau mau….duh senengnya. Guru bahasa Indonesia dan bendahara sekolah membantu aku dalam bidang make up. Sumpah….aku paling gaptek deh yang namanya make up….mau disuruh terjun dari menara Eiffel juga ngga bakal ngerti. Semuanya udah siap…tinggal menunggu giliran dipanggil sama sang pembawa acara…
Sebelum kami berjalan ke arah panggung, kami semua berdoa….terlihat mereka yang super grogi karna kebanyakan latar belakang dari pemeran yang aku ambil itu adalah mereka yang demam panggung. Ada gejolak keraguan dalam hatiku…aku takut kalo cabaret ini malah jadi ejekan yang ngga penting dari siapa aja yang menontonnya. Tapi tatapan mereka terhadapku meyakinkan aku akan semua yang bakal terjadi nanti adalah suatu kesuksesan. Mereka seperti membaca pikiran aku, tiba-tiba tangan dingin mereka memegang tanganku. Satu-satu mereka memelukku erat seraya meminta doa restu untuk penampilan mereka. Ada rasa bersalah di benakku, karna aku tau kalo-kalo cabaret ini gagal total, yang di ejek bukan siapa yang membuatnya. Tapi justru siapa yang memerankan adegan-adegan konyol itu.
Yang paling aku sesalin adalah…perpisahan kali ini mengundang pencari berita dari Radar Bogor, dan sutradara beserta kru yang aku gag tau dari stasiun televisi mana! Artinya acara perpisahan ini akan d shoot? Oh Tuhan….tegarkan hatiku. jangan membuat mereka drop karna kepanikanku. Amin
Kami pun udah berada di belakang panggung…pikiranku masih bercampur dengan ketakutan yang teramat sangat.
Tanpa kusadari nama "Kabaret Indonesia" udah di sebut oleh sang Pembawa Acara. Aku gugup…tanganku yang memegang naskah bergetar hebat. Tanganku dingin…satu persatu tangan pemeran cabaret memegang tanganku. Dimulai dari Pak Guru Komputer yang mengawali penampilan cabaret dengan ulah konyolnya….dengan memakai sarung+celana panjang, sepatu PDH yang biasa beliau pakai untuk mengajar, baju biru tua yang biasa dipakai para PNS, papan nama yang bertuliskan "UMAR" alias nama beliau sendiri, peci dipakai setengah miring kayak tukang sate,  muka yang di coreng moreng, dan dasi dari kertas krep. Pembukaan cabaret ini membuat spontan para penonton yang berada jauh dari panggung, hampir semua mendekat. Mereka penasaran sama penampilan konyol ini. Semua tertawa melihat ulah guruku di atas panggung, dengan lagak bibir mengikuti suara yang terputar dalam rekaman, bener-bener sangat memukau para penonton.
"kalian siap?" tanyaku gugup dan penuh harap. Kulihat keraguan yang sama dari mata mereka. "inget pesan dari gue, anggap aja mereka semua ngga ada. Anggap aja mereka semua patung. Anggap juga kamera-kamera itu hanyalah mainan. Bangkitkan semangat kalian pas latihan kemarin. Meski waktu latihan kita Cuma 3 hari, tapi tampilkanlah yang terbaik. Masalah gagal atau ngganya itu urusan terakhir. Yang penting bangkitkan rasa kepercayaan diri kalian semua!!!" ujarku penuh semangat meski itu hanya menyiksa diriku sendiri.
Satu-satu para pemeran cabaret naik keatas panggung sesuai dengan cerita dalam  naskah yang kupegang. Setelah cerita sesungguhnya dimulai, para penonton diam…mereka antusias menyimak isi dari cerita ini. Setiap kali ada pemeran laen yang naik keatas panggung, aku sengaja memberikan musik yang sesuai dengan alur cerita. Ini kulakukan supaya para pemeran bisa pas melakukan adegannya sesuai dengan suara rekaman dalam kaset yang diputar para panitia. Dan aku yakin ini juga membuat kegugupan mereka berkurang.
Setelah semua pemeran sudah ada di atas panggung, aku mencoba untuk berada dekat dengan sound system. Dengan begitu aku bisa leluasa melihat adegan mereka. Kertas berisi naskah yang kupegang ngga aku hiraukan, karna suara mereka berasal dari rekaman. Mereka hanya melakukan gerakan-gerakan yang sesuai dengan kondisi apa yang diucapkan didalam rekaman itu.  Kulihat semua penonton bersorak sorai, hampir semua mengeluarkan kamera handphone untuk memotret adegan memukau itu. Para kameramen pun dengan antusias mengambil gambar dan terlihat mereka ngga rela melewati adegan konyol itu.
Aku juga melihat wajah para pemeran berseri-seri dengan tepukan para penonton, ternyata benar…inilah kesuksesan. Mereka menyelesaikan cabaret ini dan diakhiri dengan lagu Sheila on 7 yang judulnya " kisah klasik". Lagu yang melambangkan suatu perpisahan… cocok banget untuk acara yang kayak gini. Aku juga setengah mati nyari kaset lagu itu karna kebanyakan kaset yang ada ngga ada namanya jadi aku harus memutarnya satu persatu. Disambut oleh para penonton yang berebutan untuk foto bareng.
Melelahkan tapi inilah usahaku..usahaku yang berakhir dengan keberhasilan.
Terlihat para pemain satu persatu turun dari panggung…aku bergegas ke "crew room" untuk menunggu mereka disana.  Mereka berlarian dan berlomba-lomba memelukku.
" k' kita berhasil……" teriak salah seorang dari mereka. Aku pun menangis, karna bangga. Bangga yang ngga bisa aku gambarkan.
Bener-bener kenangan yang ngga akan pernah aku lupakan sampe kapanpun juga. 
###
Dan perpisahan kali ini aku bersyukur banged karna aku Cuma kebagian sebagai sekertaris…itu juga karna cowok aku yang ngajuin.  Aku Cuma bikin proposal, konsep, susunan acara dan mengatur semua yang berhubungan dengan panitia.
Aku rasa perpisahan kali ini ngga kayak perpisahan tahun lalu, aku yakin ini Cuma acara biasa yang ngga tau apa inti acaranya. Lagian juga persiapannya ngga begitu mateng, karna kebanyakan dari mereka menginginkan acara perpisahan kali ini diadakan di luar sekolah. Aku sebagai sekertaris, udah pusing mendengar keinginan mereka semua. Ada yang ke puncak, ke pantai, ngundang band luar,  dan ada juga yang ngusulin ngga usah di adain perpisahan.
Ini bikin Pembina OSIS kecewa, dan membuat keputusan perpisahan kali ini diadakan di sekolah. Sempet kecewa….tapi ya sudahlah…aku terima. Karna aku udah lelah.
Perpisahan kali ini hanya di motori dengan buku tahunan, yeah agak bangga dikit lah…acara pun berjalan sesuai susunan acara. Penampilan band dari audisi yang waktu itu aku laksanain sama para seksi kreativitas dan seni. Pemilihan guru terfavorit pun udah terlaksana, dan jatuh ke tangan Ibu guru Matematika yang aku banggakan. Sambutan-sambutan kecil dari kepala sekolah, wakasek, ketua panitia, ketua OSIS baru dan perwakilan dari siswa kelas 3 serta perwakilan dari junior-junior terpilih.
Akhirnya acara ini berakhir dengan tangisan…kami melingkar di api unggun yang udah disiapkan oleh panitia. Kali ini yang memimpin acara adalah wakasek bidang kesiswaan.
Beliau membuat kami terlena akan berartinya waktu yang telah kami lewati selama masih di sekolah ini, dengan kata-kata beliau yang selalu penuh arti kami mengakhiri acara ini dengan bersalam-salaman.
Bukan sama sekolah ini aja aku berpisah…sama junior-juniorku. Gita,  ria, ori, reza dan semuanya….rasanya mau nangis…tapi ngga akan pernah sanggup. Aku juga akan berpisah dari cowok ku. Meski Cuma jarak yang memisahkan tapi jujur aku ngga biasa jauh dari orang yang aku sayang.
Akhirnya aku menguatkan diriku untuk ngga menangis di depan mereka semua. Meski hatiku telah menjerit karna aku paling benci perpisahan. Entah apa yang akan terjadi nanti saat aku melangkahkan kaki keluar sekolah untuk yang pertama kalinya. 
" maavin aku kalo aku punya banyak banget kesalahan yang mungkin sampe sekarang belum kamu maavin…atas ulahku yang masih kayak anak kecil, atau dengan sifat egoisku yang….." dia menutup mulutku dengan tangannya.
" aku ngga suka kalo kamu kayak gini ngomongnya…aku ngga pernah marah  kok. Kamu tau aku kan???aku kayak gimana???aku sayang kamu put…dan itu akan terus aku rasakan sampai aku mati nanti."
Aku memeluknya…aku ngga peduli berapa pasang mata yang melihat aku dan dia berpelukan. Yang jelas aku ingin menumpahkan rasa sayangku sama dia disaat terakhir aku melihatnya.
Meski aku tau masih ada waktu untuk menemuinya nanti saat pengambilan ijazah.
2 bulan kemudian…aku rasakan aku udah jarang ngabarin keadaanku ke dia. Aku juga merasakan dia udah agak ngga perhatian ma aku. Akhirnya aku coba untuk ngirim sms atau telp…agak terobati rasa curiga yang aku lontarkan penuh untuknya.
Karna dia udah bekerja…Aku merasa bangga….
Akhirnya suatu hari…ada seseorang yang mengirim sms ke aku. Dia cewe, dan mengaku adalah pacar yang ngga lain adalah cowo aku sendiri.
Sumpah…kaget banget…ngga tau deh gimana kagetnya aku saat itu. Yang aku lakukan saat itu adalah menelepon cowo aku.
" bener atau ngga?" itu kata-kata pertama yang aku ucapkan, kali ini tanpa salam. Seperti biasa yang sering aku ucapkan tiap kali aku menelepon dia. Karna saat itu aku udah ngga tau dimana jiwaku terbang…yang ada hanya jasadku yang tetap memegang hanphone.  Apalagi saat dia memperjelas semua yang terjadi dengan jawaban yang sangat singkat "iya bener"
Hari itu juga aku putus sama dia…berjuang terhadap hubungan yang hampir setahun…dengan kesabaran penuh arti. Aku menangis…menangis meski sambungan telepon masih aktif. Kurasakan tangisan yang sama di lawan bicaraku saat itu. Tapi tangisannya ngga berarti buatku…karna mulai hari itu aku sangat membencinya.
Dan sampe detik ini juga aku masih sangat membencinya…meski hati kecilku ngga pernah luput dari kenangan-kenangan indah yang pernah aku lewatin bersamanya. Bioskop Dewi Sartika, kost-kostan Blok A atang Senjaya, SMK Penerbangan, PGB, Pasar Anyar…semuanya adalah kenangan manis yang ada dalam hidupku. Dan friends…..sampe saat ini aku masih menunggunya, hingga dia sadar kalo masih ada cewe yang masih mengharapkan dia kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar